RA/TKA Islam

KURIKULUM

PENGERTIAN KURIKULUM

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pembelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggara kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik.

Kurikulum yang digunakan di RA. Al-Munawwaroh merupakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yaitu kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan. Dan dikembangkan sesuai dengan karakteristik yang dimiliki satuan pendidikan, potensi daerah, sosial budaya masyarakat setempat dan karakteristik peserta didik.

Raudhatul Athfal adalah satuan pendidikan anak usia dini yang memiliki karakteristik keagamaan, maka kurikulumnya harus memunculkan ciri khas keagamaan. Sehingga menghasilkan peserta didik yang siap menghadapi berbagai tuntutan globalisasi dengan berbasis ilmu pengetahuan dan tekhnologi serta berlandaskan iman dan taqwa.

Adapun tujuan Raudhatul Athfal yaitu membantu meletakan dasar kearah perkembangan sikap prilaku, pengetahuan, keterampilan dan daya cipta yang diperlukan oleh anak didik agar menjadi muslim yang menghayati dan mengamalkan agama serta menyesuaikan diri dengan lingkungan dan kepentingan serta perkembangan selanjutnya.

Landasan penyusunan KTSP, Raudhatul Athfal berpedoman kepada :

  1. UU No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  2. PP No.19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
  3. Permendiknas No.22 tahun 2006 tentang Standar Isi
  4. Permendiknas No.23 tentang Standar Kompetensi Kelulusan

PROGRAM KURIKULER

Program kurikuler yang diberikan dibagi dalam 2 kegiatan utama, yaitu :

Program Pembentukan Perilaku

Melalui pembiasaan yang terwujud dalam kegiatan sehari-hari yang bertujuan untuk mempersiapkan anak sedini mungkin terutama dalam mengembangkan sikap dan perilaku yang didasari oleh nilai-nilai moral Pancasila dan agama, disiplin, perasaan atau emosi dan kemampuan bermasyarakat (sosialisasi).

Program Pengembangan Kemampuan

Program ini meliputi kemampuan bahasa, fisik, sosial-emosional, seni, pengembangan kognitif, moral dan nilai-nilai agama.

Bertujuan untuk kedua bidang tersebut dikembangkan dalam kegiatan harian dan dalam setiap kemampuan dikembangkan dan dihubungkan dengan tema-tema tertentu mulai dari tema yang terdekat dengan anak sampai yang terjauh. Berbagai teknik, metode dan media pembelajaran digunakan agar anak dapat memahami dan mengerti serta mengembangkan berbagai pengetahuan dan kemampuan yang terdapat pada anak didik.

SISTEM PENILAIAN

Setiap proses dan kegiatan belajar mengajar memerlukan kegiatan evaluasi untuk memantau dan mengetahui sejauh mana target kurikulum serta kemampuan yang ingin dicapai dapat dikuasai oleh anak, berdasarkan hal tersebut, maka dilakukan kegiatan evaluasi yang hasilnya dapat dilihat pada setiap akhir semester melalui buku Laporan Pribadi Anak Didik yang akan diserahkan kepada orang tua murid pada setiap akhir semester. Adapun kegiatan evaluasi terhadap perkembangan anak didik dilakukan melalui :

  1. Evaluasi/penilaian hasil karya anak.
  2. Melakukan pencatatan terhadap kejadian sehari-hari yang berkaitan dengan perkembangan kepribadian anak.
  3. Melalui kegiatan observasi oleh guru terhadap setiap aspek perkembangan anak.

STANDAR KOMPETENSI

AKHLAQUL KARIMAH, SOSIAL EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN (ASK))

  1. Terbiasa melakukan sopan santun.
  2. Membesakan perbuatan yang benar dan yang salah.
  3. Terbiasa untuk disiplin.
  4. Terbiasa bersikap/berperilaku, saling hormat menghormati.
  5. Terbiasa bersikap ramah.
  6. Menunjukan sikap kerjasama dan persatuan.
  7. Dapat menunjukan rasa percaya diri.
  8. Dapat menjaga kebersihan diri dan mengurus dirinya sendiri.
  9. Dapat menjaga lingkungan.
  10. Mulai dapat menunjukan emosi yang wajar dan mengendalikan tindakan dan perasaannya.
  11. Berlatih untuk selalu tertib dan patuh pada peraturan.
  12. Mulai dapat menjaga keamanan diri sendiri.
  13. Mulai dapat bertanggung jawab.

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)

  1. Dapat menyebutkan beberapa ciptaan Allah dan sifatnya.
  2. Dapat menyebutkan nama-nama Malaikat
  3. Dapat mengenal riwayat Nabi dan Rosul Allah.
  4. Dapat mengenal nama kitab suci umat Islam.
  5. Dapat mengenal kehidupan akhirat dan takdir Allah.
  6. Dapat mengucapkan dua kalimah syahadah.
  7. Melakukan gerakan sholat 5 waktu.
  8. Dapat mengenal arti zakat dan shodaqoh.
  9. Dapat mengenal arti puasa.
  10. Dapat mengenal manasik haji.
  11. Doa-doa dan kalimat toyyibah.

KEMAMPUAN BERBAHASA

  1. Dapat mendengarkan dan membedakan bunyi suara, bunyi bahasa, dan mengucapkan dengan lafal yang benar.
  2. Dapat mendengarkan dan memahami kata dan kalimat sederhana serta mengkomunikasikannya.
  3. Dapat berkomunikasi dan berbicara lancar secara lisan dengan lafal yang benar.
  4. Memiliki perbendaharaan kata yang diperlukan untuk berkomunikasi sehari-hari.
  5. Memahami bahwa ada hubungan antara bahasa lisan dengan tulisan (pra membaca)

KEMAMPUAN KOGNITIF

  1. Anak dapat memahami benda di sekitar menurut bentuk jenis dan ukuran.
  2. Anak dapat memahami konsep sains sederhana.
  3. Anak dapat memahami bilangan.
  4. Anak dapat memahami bentuk geometri.
  5. Anak dapat memahami ukuran.
  6. Anak dapat memahami konsep waktu.
  7. Anak dapat memahami konsep matematika sederhana.

KEMAMPUAN FISIK / MOTORIK

  1. Dapat menggerakan jari tangan untuk kelenturan, kekuatan otot dan koordinasi.
  2. Dapat menggerakan lengannya untuk kelenturan, kekuatan otot dan koordinasi.
  3. Dapat menggerakan badan dan kaki dalam rangka keseimbangan, kekuatan, koordinasi dan melatih keberanian.
  4. Dapat menggambar sederhana.
  5. Dapat mewarnai sederhana.
  6. Dapat menciptakan sesuatu bentuk dengan berbagai media.
  7. Dapat mengekpresikan diri dalam bentuk gerak sederhana.
  8. Dapat menyanyikan dan memainkan alat musik sederhana.
  9. Dapat menampilkan sajak sederhana dengan gaya.
  10. Dapat mengekspresikan gerakan berdasarkan cerita dan lagu.
  11. Dapat melakukan gerakan pantomin

 

Photo Kegiatan manasik haji tahun pelajaran 2014-2015
img132

img130

Guru RA : Bu Anah, Bu Eni, Bu Sulis, Bu Desi

img130 - Copy

img131 - Copy